• "Aku Ada Untuk Mengabadikanmu, Bersamamu Kulihat Dunia Nyata"

    Pelantikan dan Diklat Lanjutan UKM Jhepret Club Fotografi Sukses Diselenggarakan


     

    Gambar 1. Dokumentasi Kegiatan Pasca Pelantikan dan Dikjut

    JhepretNews– Unit Kegitan Mahasiswa (UKM) Jhepret Club Fotografi baru saja menyelenggarakan Pelantikan dan Diklat Lanjutan pada tanggal 1-2 Juni 2024 yang diikuti oleh anggota baru, pengurus, dan demisioner (demis). Kegiatan ini bertempat di Ruang Sidang SC dan Gedung B Ruangan 220, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Khusus Gedung B Ruangan 220 digunakan untuk anak videografi. Sedangkan Ruang Sidang SC, digunakan oleh anak fotografi dan anak videografi. Jadi, terdapat waktu yang mengharuskan digabungnya antara anak fotografi dan anak videografi. Penggabungan tersebut menyesuaikan terhadap materi yang disampaikan.

    Diklat ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota UKM Jhepret Club Fotografi dalam bidang fotografi dan videografi, serta mempersiapkan mereka untuk berkontribusi lebih dalam kegiatan-kegiatan UKM di masa depan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk saling kenal antara anggota dan pengurus serta para demisioner.

    Acara ini dimulai dengan pembukaan yang dibawakan oleh Master of Ceremony, Alberda Salma Fariha. Sebelum dimulainya acara Diklat Lanjutan, anggota lulus diklat dilantik terlebih dahulu. Pada tahun ini ada 95 anggota yang lulus diklat. Pembacaan nama-nama lulus diklat dibacakan oleh sekretaris UKM Jhepret Club Fotografi, yaitu oleh Dwi Aggraini Lutfiyah. Setelah pelantikan, acara langsung dilanjutkan dengan kegiatan Diklat Lanjutan dengan diawali pemaparan materi pertama tentang Lighting dan Teknik Fotografi oleh Mas Fuad. Di tempat lain, Mas Haris memberikan materi tentang Kamera Movement untuk anggota videografi.

    Setelah pemaparan materi-materi tersebut, dilanjutkan dengan materi Manajemen Pameran yang disampaikan oleh Mas Kumut. Materi ini memberikan wawasan mendalam tentang cara mengelola dan mengatur pameran fotografi secara profesional. Mas Kumut juga memberikan contoh bagaimana caranya bercerita melalui sebuah foto.

    Pada hari kedua, terdapat tiga materi yang diberikan. Materi pertama adalah tentang Foto Jurnalistik yang disampaikan oleh Mas Iyan. Materi tersebut memberikan wawasan tentang teknik dan etika dalam foto jurnalistik. Di tempat lain, Mas Ongki menjelaskan materi tentang Sound Effect dan Editing untuk anak videografi, memberikan teknik-teknik penting dalam pengolahan suara dan editing video.

    Materi terakhir yang sangat dinanti-nanti adalah tentang Profesionalitas yang disampaikan oleh Mas Wolu. Pada sesi ini, Mas Kuthuk memberikan kejutan unik di akhir-akhir acara dengan memberikan hadiah kepada empat penanya di awal. Hadiah tersebut adalah merchandise dari film-film yang melibatkan Mas Kuthuk dalam proses pembuatannya, membuat para peserta yang lulus diklat sangat antusias dan terkesan.

    Acara Diklat Lanjutan ini ditutup dengan sesi foto bersama, menandakan berakhirnya kegiatan yang penuh dengan ilmu dan kejutan. Dengan terselenggaranya Diklat Lanjutan ini, diharapkan anggota lulus diklat UKM Jhepret Club Fotografi dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan dalam kegiatan sehari-hari mereka, baik dalam lingkup akademis maupun profesional. Selain itu, acara ini diharapkan dapat memperkuat solidaritas antar anggota, pengurus, dan demisioner, sehingga tercipta lingkungan yang kondusif untuk berkembang dan berkarya. (ARB)




    0 komentar:

    Post a Comment

     
    Mohon Selalu Kritik & Sarannya Untuk Perubahan Yang Lebih Baik